Cara Riset Kata Kunci di Google

Cara Riset Kata Kunci di Google

Cara riset kata kunci adalah hal pertama yang harus ditemukan dan dikerjakan oleh para pemiliki website sebelum mengoptimasi websitenya. Hal ini bertujuan agar kata kunci yang ia kejar benar-benar dicari orang dan target pun bisa lebih fokus untuk diraih. Jika kata kunci di dalam website kita tidak dicari oleh orang di Google, hal ini membuat kerja keras kita dalam membuat website, terutama untuk bisnis, tidak mencapai pasar yang kita tuju.

Cara riset kata kunci di google mengalami beberapa perubahan metode karena terkait dengan banyak hal, mulai algortima Google, pemilik web pencarian kata kunci itu sendiri, dan lain-lain. Cara riset kata kunci ini adalah cara riset kata kunci yang kami sarankan (Oktober 2018) setelah beberapa kali kami melakukan riset kata kunci.

Riset kata kunci ini menggunakan beberapa website. Dengan menggunakan beberapa website ini, kita bisa membandingkan sesuai dengan kebutuhan kita agar kita mampu mencapai target yang kita tuju. Berikut ini adalah beberapa website yang bisa Anda gunakan untuk riset kata kunci di Google:

 

  1. Keywordtool.io

Web ini lumayan akurat untuk bisa dipakai di dalam riset kata kunci. Hal ini karena web ini sudah mengurutkan volume pencarian dari yang tinggi ke yang rendah. Website ini juga mampu memberikan kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci yang kita cari. Hal ini membuat kita lebih mudah menganalisis kata kunci apa yang kita butuhkan.

Keywordtool.io

 

Cara menggunakan website ini adalah:

 

  • Buka keywordtool.io di browser Anda
  • Masukkan kata kunci di kolom pencarian
  • Jangan lupa ganti bahasa di kolom sebelah kanan menjadi Bahasa Indonesia jika Anda akan mencari kata kunci dalam Bahasa Indonesia
  • Klik gambar “lensa pembesar” di sebelah paling kanan
  • Anda akan temukan kata kunci sesuai yang Anda inginkan
  • Jika ingin mengubah kata kunci yang ingin dicari, masukkan di kolom yang sama seperti langkah sebelumnya

 

  1. Google Suggest

Yang dimaksud dengan Google suggest adalah kolom pencarian Google itu sendiri. Untuk saat ini, Google Suggest adalah metode paling akurat untuk mencari kata kunci yang paling update. Kita bisa mengubah kata kunci yang kita inginkan tiap huruf dan selalu muncul kata-kata yang pernah dicari orang di kolom pencarian Google.

Google Suggest

 

Kita hanya perlu menambahkan spasi setelah kata terakhir yang kita tulis dan sudah muncul saran dari Google yang berhubungan dengan yang kita cari. Anda bisa mengotak-atik kata kunci ini di Google Suggest.

 

Dari 2 metode di atas, untuk saat ini kami menyarankan untuk memakai Google suggest karena lebih akurat dan nyata karena kita mencari di sumber search engine yang kita gunakan. Hal ini membuat pencarian kita lebih fokus dan langsung tahu target apa yang seharusnya kita cari dan tuju.

Metode Google suggest juga lebih banyak memberikan saran dibanding keywortool.io. Google suggest bahkan bisa memberi saran jika kita memasukkan kata kunci sampai 5-7 kata. Hal ini berbeda dengan keywortool.io yang tidak bia memunculkan langsung kata kunci yang disarankan jika kita memakai cara tersebut.

Cara riset kata kunci di Google dengan menggunakan Google suggest sendiri juga disarankan banyak pelaku dan konsultan SEO. Hal ini dikarenakan keywordtool.io juga mulai jarang update kata kunci terbaru yang dicari orang. Beberapa kata kunci yang baru muncul atau baru dicari orang kadang tidak tercantum di keywordtool.io, namun tercantum di dalam Google suggest. Hal ini menjadi pertimbangan sendiri dalam mencari kata kunci yang tepat untuk website kita ke depannya.

Selain kedua website diatas, ada satu website yang sebenarnya bisa dijadikan rujukan bagi Anda yang sedang mencari cara riset kata kunci di Google. Website tersebut adalah www.kwfinder.com. Website ini sangat lengkap dalam menyampaikan data-data pencarian kata kunci yang dicari orang di dalam search engine Google. Web www.kwfinder.com sangat cocok untuk Anda yang ingin mengetahui volume pencarian kata kunci tiap bulannya.

Kwfinder : Sablon Kaos Jogja

Namun, kelemah dari website www.kwfinder.com adalah web ini hanya mengizinkan pengunjungnya untuk mendapat info tentang kata kunci sebanyak 2 kata kunci saja. Jika sudah mendaftar, maka bisa menjadi 5 kata kunci. Hal ini menjadi sangat terbatas terutama bagi Anda yang sedang gencar ingin memulai membuat website untuk dipotimasi.

Saran kami, Anda bisa menggabungkan ketiganya dalam riset kata kunci di Google. Anda bisa menggunkan ketiganya untuk membandingkan mana yang lebih Anda sukai dalam pemilihan kata kunci. Kami pun biasanya menggunakan ketiganya sesuai dengan kebutuhan dan memang terbukti mampu untuk membantu dalam pencarian kata kunci yang tepat untuk website yang kami kerjakan.

Google suggest kami gunakan untuk mengeksplor kata kunci yang sering dicari orang di Google. Kwfinder kami pakai untuk mencari volum pencarian dan tingakt persaingan di Google dan untuk mengetahui siapa kompetitor kita. Untuk keywordtool.io, kami biasanya menggunakannya untuk mencari kata kunci selain Bahasa Indonesia dan mencari kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci target sampai puluhan sampai ratusan kata sekaligus, dimana hal ini tidak bisa dimunculkan Google suggest yang hanya bisa memberi suggest sekali cari maksimal sekitar 10 kata kunci.

Demikian, semoga bermafaat ya. Sampai jumpa di halaman 1 Google !!!


Leave a Reply